Ketatnya Persaingan Tenaga Kerja di Kota Batam :  SMKN 1 Batam, Siapa Takut!

SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Ketatnya persaingan tenaga kerja di Kota Batam tidak menyurutkan semangat siswa-siswi SMKN 1 Batam. Sebanyak 45 Siswa SMK N 1 Batam mengikuti acara pembukaan Pelatihan dan Pendampingan Program WEDARI (Improved Workforce and Employment Readiness Through Technological Digital Literacy and Post Sales Services Skills) atau Peningkatan Kesiapan Angkatan Kerja Melalui Literasi Teknologi Digital dan Layanan Purna Jual. WEDARI sendiri merupakan program yang diusung oleh Mercy Corps Indonesia, Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2022 di Ruang Pertemuan BSDC SMKN 1 Batam.

Acara Pembukaan dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam,Bapak RUDI SAKYAKIRTI, S.H., M.H., guru sekaligus fasilitator Pelatihan WEDARI, siswa-siswi peserta program pelatihan WEDARI, dan Tim dari Mercy Corp Indonesia. Kepala Sekolah SMKN 1, Ibu Lea Lindrawijaya Suroso, M.Pd menyebutkan bahwa Program WEDARI sangat membantu dan mensuport siswa-siswi SMKN 1 Batam dalam pengembangan diri melalui pelatihan soft skill persiapan kerja.

Rangkaian Program Pelatihan dan Pendampingan dibuka langsung oleh Bapak Rudi Sakyakirti, S.H M.H selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa ketatnya persaingan lulusan SMA/SMK sederajat seharusnya memberikan semangat bagi siswa-siswi SMKN 1 Batam untuk lebih giat dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Terlebih lagi Kota Batam sebagai kota industri menjadi incaran banyak pekerja dari luar Batam. Sehingga daya juang masyarakat Batam sendiri haruslah lebih baik, agar tidak tertinggal oleh ketatnya persaingan dalam memperoleh pekerjaan.

Dalam acara pembukaan Pelatihan dan Pendampingan WEDARI ini juga disampaikan  sosialisasi terkait Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (Klaster Ketenagakerjaan) dari Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Sosialisasi disampaikan oleh Bapak Hendri, S.H., Kasi Persyaratan Kerja. Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku terkait jam kerja, kebijakan penawaran dan kontrak kerja, baik dalam jangka waktu tertentu maupun tidak tentu. Demikian juga soal pengupahan dan perhitungan pengupahan jam lembur. Informasi tersebut sangat diperlukan bagi siswa-siswi SMKN 1 Batam dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Sehingga nantinya ketika sudah mulai bekerja, mereka bisa memahami Hak dan Kewajiban mereka sebagai pekerja. (MCI)

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Berita Lainnya

Ketatnya Persaingan Tenaga Kerja...
SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Ketatnya persaingan tenaga ke...
SMKSAB RAMADHAN 2022, Bakti Sosi...
SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Ramadhan kali ini, OSIS dan M...
Sempat tertunda, Hari Puncak Per...
SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Hari puncak peringatan Hari J...
Tampil memukau, Parade Busana Kr...
SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Masih dalam rangka memperingati har...
Mahasiswa Universitas Ibnu Siswa...
SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Beberapa mahasiswa dari Universitas...
HUT 25th SMKSAB, OSIS dan MPK SM...
SMKN1BATAM.SCH.ID, BATAM – Dalam rangka memperingati har...

Hubungi kami di : +62778365909

Kirim email ke kamimail@smkn1batam.sch.id