Deden Suryana, M.Pd

SMK Negeri 1 Batam adalah sekolah kejuruan pertama di Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Sekolah ini didirikan pada tahun 1997 berdasarkan surat keputusan menteri pendidikan No. 107/0/1997,[1] dan beralamat di jalan Prof. Dr. Hamka No.1, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam.

SMK Negeri 1 Batam yang memiliki luas lahan sekitar 5 Ha, pada saat pertama kali berdiri memiliki 3 Program Keahlian, yaitu Teknik Elektronika Industri, Teknik Listrik Industri dan Teknik Pemesinan. Pada tahun 2004, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang teknik informasi, maka dibukalah program keahlian Teknik Informatika dengan bidang keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Dua tahun kemudian, menyusul program keahlian Mekatronika, yang merupakan disiplin ilmu gabungan mekanik dengan elektronika. Program keahlian ini didirikan untuk mengakomodir kebutuhan industri dibidang otomasi, hidrolik dan pneumatik.

Kerja sama dengan dunia industri
Untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri, pada tahun 2007 SMKN 1 Batam bekerja sama dengan PT. Scheneider Electric, sebuah perusahan asing (Perancis) membuka kelas khusus untuk jurusan listrik industri dan kelas ini dinamakan kelas industri. Kelas ini dikenal juga dengan nama “Kelas Schneider” di mana ada tenaga pengajar dari perusahaan Schneider yang memberi materi-materi yang berhubungan dengan dunia industri seperti Six sigma, EHS serta ESD.

Profil Sekolah

Sekolah
:
SMK Negeri 1 Batam
Alamat
:
Jl. Prof. Dr. HAMKA No. 1, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau
NPSN
:
11000382
Akreditasi
:
A
No SK Akreditasi
:
053/BAN-SM/SK/2019
Status
:
Negeri
Jenjang Pendidikan
:
SMK
SK Pendirian
:
23532-58
Tanggal SK Pendirian
:
1997-05-16
SK Ijin Operasional
:
23532-58
Tgl SK Ijin Operasional
:
1997-05-16

Tenaga Pengajar

Nispidayeni M, M.Pd.T
Novita Kurnia
Dra.Nurmiaty Manurung